Kota Belacan, Kota Toboali

- 19 Desember 2023, 23:48 WIB
Terasi atau Belacan Toboali rasanya tiada lawan apabila diracik melalui tangan mahir
Terasi atau Belacan Toboali rasanya tiada lawan apabila diracik melalui tangan mahir /Ist/

INFOBANGKAID - Terasi atau biasa dengan sebutan warga Toboali belacan yang terbuat dari udang rebon, diolah dengan cara tradisional masih banyak ditemukan di seputaran Kota Toboali, Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Jika berkunjung kesana tidak lupa sekira mampir menyisihkan uang 50 ribu untuk mendapatkan setengah kilo belacan super.

 

Belacan super adalah produk umkm lokal yang dibina pengurusannya melalui pemerintah daerah setempat. Tidak sedikit warga menjadi pengrajin terasi apalagi domisili mereka menetap dipinggir pantai.

 

Lantaran, pelaku usaha diwilayah itu rata rata adalah nelayan kecil, mendapat tempat mengelola dan mendistribusikan belacan Toboali hingga ke luar negeri.

 

Berikut Cara Membuat Terasi Atau Belacan

Terasi ada dua jenis berdasarkan bahan dasarnya yakni terasi udang dan terasi ikan. Terasi udang dibuat dari udang rebon, sedangkan terasi ikan biasanya dibuat dari ikan selar atau ikan teri. Proses pembuatannya sama, udang atau ikan pertama-tama direbus. Khusus ikan akan dibuang kepalanya, lalu ikan atau udang akan dijemur hingga setengah kering dan ditumbuk dengan dicampur garam. Adonan kemudian dijemur kembali hingga kering dan ditumbuk lagi sampai benar-benar halus dan bisa dibentuk. Setelah itu, adonan dibungkus daun pisang kering dan didiamkan selama 1-4 minggu untuk proses fermentasinya, sampai aroma terasi keluar dari adonan tersebut.

Editor: Try Sutrisno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x